Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software – Smartphone merupakan salah satu perangkat yang sudah umum untuk dipakai sebagian besar kalangan orang di zaman sekarang. Selain manfaatnya yang mudah, harga dari perangkat canggih yang satu ini juga sudah sangat terjangkau, salah satu contohnya produk termurah yakni Xiaomi. Perangkat ini sendiri juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Akan tetapi serasa menjad hal yang sangat menyedihkan kalau perangkat Smartphone kesayangan kita itu tiba-tiba mati mendadak. Rata-rata banyakyang menganggap kalau hal ini sendiri telah disebabkan oleh kerusakan pada IC Power. Memang sih hal itu ada benarnya, namun tidak semua perangkat mati itu disebabkan oleh IC power saja melainkan bisa jadi adanya permasalahan error software.

Dengan begini kalian masih ada kemungkinan untuk memperbaikinya sendiri tanpa mengeluarkan biaya yang lebih mahal lagi untuk dibawa ke tempat service dan mengganti IC Power. Masih bingung dengan langkah-langkah mengatasi Smartphone mati total karena software? Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya mengenai Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software berikut ini.

Baca: Cara Mengubah MicroSD Jadi Memori Internal dengan Mudah

Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software

Sebenarnya kalau perangkat Smartphone kita tiba-tiba mati karena permasalahan Software, kalian bisa melakukan install ulang software atau biasa dikenal dengan istilah flash pada perangkat Xiaomi kita agar bisa dioperasikan dengan normal kembali.

Sebelum melangkah pada caranya, alangkah lebih baik kalau kita persiapkan berbagai alat yang dibutuhkan, diantaranya yakni seperti Komputer atau Laptop, Data File Firmware Smartphone yang akan diperbaiki, sebuah firmware perantara (Mi Flash 2016), Pinset, dan juga obeng kecil.

Langkah-langkah Untuk Memperbaiki Smartphone Xiaomi yang Mati

Pertama, kita bongkar secara keseluruhan terlebih dahulu perangkat Smartphone Xiaomi kita menggunakan obeng dan lepas berbagai baut yang tersedia. Akan tetapi sebelumnya sangat disarankan untuk melepas SIM dan MicroSD kalian terlebih dahulu ya guys menggunakan jarum atau mungkin alat bawaan perangkat tersebut.

Kemudian untuk Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software berikutnya yakni kita buka casing penutup belakang serta lepaskan konektor seperti gambar berikut ini.

Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software 1

Via Pulsa

Langkah berikutnya yakni adalah suatu hal yang sangat kecil dan mudah untuk dilakukan, yaitu dengan cara mengatur Xiaomi ke dalam mode EDL. Dengan begitu, perangkat Smartphone kalian akan terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB leader 9008. Berikut bagian yang perlu diubah ke mode tersebut.

Baca: Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Diuninstall

Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software 2

Via Pulsa

Setelah itu, kita coba hubungkan perangkat Smartphone Xiaomi kalian terhadap Komputer atau Laptop menggunakan USB. Kalau memang langkah sebelumnya telah dilakukan dengan benar, maka perangkat kita akan terbaca pada device manager seperti gambar berikut ini.

Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software 3

Via Pulsa

Kalau memang Anda sudah berhasil masuk dalam metode ini, langkah berikutnya yakni kita tinggal mengisi kembali firmware-nya dengan yang baru deh. Caranya yakni hanya menggunakan Mi Flash 2016 saja, aplikasi ini nantinya akan memudahkan kita karena Anda hanya diperlukan untuk klik dan drag pada menu select, setelah itu silahkan diarahkan terhadap menu firmware yang akan kita masukkan nantinya.

Baca: 5 Cara Internetan Gratis di Android Setiap Hari

Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software 4

Via Pulsa

Nah, sebelum melakukan flash ini yang perlu diingat adalah kita perlu klik terlebih dahulu refresh untuk mendeteksi berbagai port yang tersedia.

Jika proses flash sudah selesai, kita bisa kembalikan mode yang tadi ke asalnya dan coba nyalakan perangkat Smartphone. Namun kalau tidak kunjung berhasil, silahkan lakukan sekali lagi, akan tetapi kalau masih gagal bisa langsung bawa ke service saja.

Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software 5

Via Pulsa

Seperti itulah guys Cara Mengatasi Xiaomi Mati Karena Software yang bisa Anda terapkan sendiri pada perangkat Smartphone Xiaomi kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca: 

6 Alasan Harga Smartphone Xiaomi Lebih Murah Dibanding yang Lain