Halo para pengunjung setia, kali ini saya akan memberikan tips supaya judul pada postingan blog kamu mudah dipahami dan tentunya memudahkan judul postingan kalian terindex di google. Dari sekian teman saya yang berprofesi sebagai blogger kadang memiliki kendala saat membuat judul postingan, “Kendala seperti apa kak?” kendalanya hanya satu, mereka kebingungan dan khawatir judul postingan mereka tidak terindex di google atau tidak masuk peringkat pada search engine lainnya.

“Emang itu semua penting ya kak?” Secara pribadi itu semua relatif, tergantung pada seberapa besar kamu ingin memiliki jumlah pembaca/pengunjung yang banyak. Kalo kamu ingin memiliki pembaca yang banyak, otomatis judul postingan kamu harus berada diperingkat 1 atau 2 di mesin pencari. Namun sebaliknya, kalo kamu hanya iseng iseng dan tidak mementingkan jumlah visitor ya kamu bisa memberikan judul postingan apa adanya tanpa harus kebingungan. “Terus jumlah visitor emangnya penting ya kak?” Ya bisa dibilang penting sih, jumlah visitor juga mempengaruhi peringkat blog kamu, bahkan kamu bisa dengan mudah terkenal dan mudah mencari keuntungan kalau blog kamu memiki ribuan pengunjung dalam seharinya.

Oke langsung saja inilah beberapa tipsnya :

1. Riset Kata Kunci
Yang paling awal perlu dilakukan oleh seorang blogger dalam membuat judul adalah meriset kata kunci, bisa dimaksudkan seperti mencari kata kunci apa yang paling sering atau paling mainstream diketik oleh para netizen. “Terus gimana kak cara supaya tau kata kunci yang paling diminati?” ada beberapa cara untuk melakukan riset kata kunci. Contohnya bisa menggunakan keyword suggestion yang sudah ada pada search engine google.

2. Letakkan Kata Kunci Di Awal Judul
“Kenapa harus di awal kak?” Yap, memang diharuskan meletakkan kata kunci hasil riset kalian di awal judul, ini memudahkan search engine dalam memuat judul postingan kalian. Jika diibaratkan, google akan mengabsen semua judul postingan pada setiap situs/blog sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh si pembaca. Nah kalo kalian meletakkan kata kunci itu dibelakang otomatis postingan kalian juga akan muncul belakangan.

3. Long Tail Kewyord
Inilah yang biasanya diabaikan oleh para blogger, yaitu Long Tail Keyword. “Long Tail Keyword itu apa sih kak?” pengertian singkat long tail keyword adalah panjang kata kunci atau tambahan kata kunci untuk mendukung kata kunci utama , long tail keyword ini sangat penting untuk membangun sebuah karakter/ciri khas dalam sebuah judul. Mengapa demikian? dari beberapa sumber telah menyatakan, judul yang memiliki kurang dari 3 kata biasanya akan sulit terindex ke mesin pencari karna sangat banyak pesaing dan pendahulu judul tersebut. Long tail keyword juga bisa difungsikan untuk memberikan penjelasan yang lebih spesifik dari judul tersebut.

4. Masuk Akal
Judul yang masuk aja juga sangat berperan penting dalam sebuah postingan, dalam hal ini bukan search engine yang harus diutamakan, namun para pembaca lah yang menjadi prioritas, masukkan judul yang masuk akal agar mudah dipahami oleh para pembaca. Meskipun judul postingan kalian terindex di search engine, apa mungkin para pembaca mau melihat dan membaca isi artikel kalian kalau judulnya saja sudah tidak masuk akal dan ngawur?

5. Nilai Jual
Membuat nilai jual pada sebuah judul postingan bisa menjadi sebuah senjata yang akan memikat para pembaca, masukkan nilai jual dari artikel kalian, nilai jual bisa diterapkan dengan memberikan sesuatu apa bila si pembaca melakukan atau membaca isi artikel kalian. “Misalnya gimana tuh kak?” Saya beri beberapa contoh apa yang dimaksud dengan nilai jual.

Contoh 1 : Cara Menghasilkan Uang di Internet

Terpampang jelas judul seperti ini hanya menunjukkan cara bagaimana menghasilkan uang lewat internet dan tidak menjanjikan apapun. Namun, bagaimana bila judulnya seperti ini.

Contoh 2 : Cara Menghasilkan Uang di Internet Dalam 1 Minggu

kata “dalam 1 minggu” sudah menjadi sebuah nilai jual yang membuat si pembaca ingin melihat isi artikel kamu. berarti jika orang membaca artikel kamu otomatis si pembaca akan tau cara menghasilkan uang dalam 1 minggu.

Nah, karena judul kamu ini sudah memikat pengunjung, otomatis visitor kamu pun bertambah dan menaikkan rating blog kamu pada search engine, hal ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat postingan kamu terindex. Namun tetap semua perlu bukti, kamu harus membuktikan bahwa judul yang kamu buat itu sudah pernah ada yang mengalaminya.

6. Gunakan Simbol
Tips yang terakhir ini hanya sebagai opsional atau pilihan, namun jika diterapkan dengan benar tentu saja sangat membantu sebuah artikel untuk masuk kedalam rating 10 besar search engine. “Kok bisa sih kak?” Prinsip ini sama halnya dengan nomor 5, agar judul mudah dipahami dan lebih terlihat ekspresif oleh pembaca, simbol pun bisa digunakan dalam sebuah judul postingan tergantung judul kalimat yang akan dibuat. Dengan adanya simbol, pembaca akan tertarik untuk melihat isi artikel. Misalnya positingan berupa berita seperti ini :

Contoh 1 : Bill Gates Main Judi Benar atau Hoax

Judul seperti ini tentunya akan lebih sulit dicerna dan kurang ekspresif karena tidak ada simbol pendukung atau tanda baca.
Lalu bagaimana dengan judul yang ini?

Contoh 2 : Bill Gates Main Judi? Benar atau Hoax?

Yang membedakan hanya dalam penggunaan tanda tanya, mungkin akan lebih mudah dipahami oleh si pembaca.

Nah itulah beberapa tips dari saya yang sampai saat ini sering saya gunakan dalam membuat judul, semoga postingan saya kali ini dapat membantu teman teman blogger lainnya, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya…